K13 revisi: Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan
.Com - Kunci Jawaban Halaman 10, 11, 12 Buku Tema 9 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan.
Tanpa Tiara sadari, ayahnya yang baru kembali dari musala mendapatinya sedang melamun. Perlahan, ia menghampiri Tiara dan bertanya, “Hei, anak Ayah kok melamun?”
Tiara terkejut dengan kehadiran ayahnya yang tak disadarinya. Ia terlalu lama memikirkan pertanyaannya sendiri. “Oh, Ayah,” ujarnya sembari tertawa. “Aku sedang memikirkan sesuatu yang baru aku pelajari tadi siang. Mengapa ya, Yah, planet-planet bergerak lurus dan tidak menabrak satu sama lain? Mereka terlihat seperti memiliki jalur khusus.”
Ayah Tiara tersenyum. “Sebenarnya, planet-planet itu memang mempunyai jalur mereka sendiri. Jalur itu bernama orbit. Planet-planet ini bergerak mengikuti orbit yang mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya. Orbit planet-planet itu berbentuk elips. Oleh karenanya, planet-planet di dalam sistem tata surya tidak akan menabrak satu sama lain.”
Tiara yang sedari tadi mendengarkan dengan saksama penjelasan ayahnya, akhirnya pun mengangguk. “Benar-benar sebuah keajaiban Tuhan ya, planetplanet itu bergerak mengikuti orbitnya sendiri.”
“Tiara, Ayah, kita makan sama-sama, yuk! Ayah pasti juga sudah lapar. Ibu sudah siapkan,” tiba-tiba Ibu bergabung mengajak mereka makan.
Ayah Tiara mengusap rambut putrinya dengan lembut. “Ya, benar-benar sebuah bukti kebesaran Tuhan. Nah, sekarang, yuk kita makan malam untuk merasakan kebesaran Tuhan bagi tubuh kita!”.
sama pentingnya : Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018
Barisan yang Menyenangkan
Cerdas, Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, religius
1. Bercerita tentang apakah karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Pemikiran Tiara tentang orbit edar planet-planet
2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Tiara
3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Ayah, Ibu
4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Halaman belakang rumah Tiara
5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang kamu buat di depan kelas dengan percaya diri.
1. Apakah kamu dan teman-temanmu memiliki gambaran yang serupa tentang tokoh utama dan tempat dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja gambaran yang kalian buat memiliki kesamaan?
Jawaban :
Ya. Dalam hal ciri fisik tokoh utama, serta lokasi/tempat cerita.
2. Bagian mana saja yang berbeda dengan gambaran teman-temanmu?
Jawaban :
............ (alternatif jawaban berbeda-beda, disesuaikan dengan jawaban siswa)
3. Apakah yang terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?
Jawaban :
Cerita jadi tidak menarik, jadi hambar, karena tokoh utama memegang peran penting dalam cerita..
4. Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?
Jawaban :
Tokoh utama membuat suatu cerita lebih hidup dan menarik, seolah-olah terjadi di alam nyata. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.
Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan
Tiara sedang duduk di halaman belakang rumahnya, menengadah menatap langit malam yang cerah. Siang tadi, gurunya baru menjelaskan tentang tata surya. Tentu, Tiara mengerti tentang delapan planet di tata surya. Ia juga mengerti tentang posisi Matahari sebagai pusat tata surya. Namun, satu hal yang masih menjadi pertanyaan Tiara adalah mengapa Bumi tidak pernah bertabrakan dengan planet-planet lain, padahal jarak mereka sangat dekat.Tanpa Tiara sadari, ayahnya yang baru kembali dari musala mendapatinya sedang melamun. Perlahan, ia menghampiri Tiara dan bertanya, “Hei, anak Ayah kok melamun?”
Tiara terkejut dengan kehadiran ayahnya yang tak disadarinya. Ia terlalu lama memikirkan pertanyaannya sendiri. “Oh, Ayah,” ujarnya sembari tertawa. “Aku sedang memikirkan sesuatu yang baru aku pelajari tadi siang. Mengapa ya, Yah, planet-planet bergerak lurus dan tidak menabrak satu sama lain? Mereka terlihat seperti memiliki jalur khusus.”
Ayah Tiara tersenyum. “Sebenarnya, planet-planet itu memang mempunyai jalur mereka sendiri. Jalur itu bernama orbit. Planet-planet ini bergerak mengikuti orbit yang mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya. Orbit planet-planet itu berbentuk elips. Oleh karenanya, planet-planet di dalam sistem tata surya tidak akan menabrak satu sama lain.”
Tiara yang sedari tadi mendengarkan dengan saksama penjelasan ayahnya, akhirnya pun mengangguk. “Benar-benar sebuah keajaiban Tuhan ya, planetplanet itu bergerak mengikuti orbitnya sendiri.”
“Tiara, Ayah, kita makan sama-sama, yuk! Ayah pasti juga sudah lapar. Ibu sudah siapkan,” tiba-tiba Ibu bergabung mengajak mereka makan.
Ayah Tiara mengusap rambut putrinya dengan lembut. “Ya, benar-benar sebuah bukti kebesaran Tuhan. Nah, sekarang, yuk kita makan malam untuk merasakan kebesaran Tuhan bagi tubuh kita!”.
sama pentingnya : Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018
Kunci Jawaban Halaman 10 Tema 9 Kelas 6 SD/MI
Lengkapi diagram berikut setelah kamu membaca cerita fiksi “Barisan yang Menyenangkan”.Diagram Cerita Fiksi Barisan yang Menyenangkan |
Judul Cerita Fiksi :
Barisan yang MenyenangkanPenulis :
Amanda NailaDiagram Tokoh Utama Barisan yang Menyenangkan |
Sifat dari Tokoh Utama :
Cerdas, Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, religiusTindakan yang dilakukan :
Memikirkan secara mendalam informasi yang didapatGambar :
Seorang gadis berusia 12 tahun dengan rambut berkepang dua, cantik dan energik, cerdas dan religius.Pendapatmu tentang Tokoh Utama :
Seorang gadis yang cerdas dengan rasa ingin tahu yang kuat, ceria serta religius.Kunci Jawaban Halaman 11 Buku Tema 9 Kelas 6 SD/MI
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan karangan fiksi “Barisan yang Menyengkan”.1. Bercerita tentang apakah karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Pemikiran Tiara tentang orbit edar planet-planet
2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Tiara
3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Ayah, Ibu
4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Halaman belakang rumah Tiara
5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang kamu buat di depan kelas dengan percaya diri.
Kunci Jawaban Halaman 11 Buku Tema 9 Kelas 6 |
Kunci Jawaban Halaman 12 Buku Tema 9 Kelas 6 SD/MI
Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.1. Apakah kamu dan teman-temanmu memiliki gambaran yang serupa tentang tokoh utama dan tempat dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja gambaran yang kalian buat memiliki kesamaan?
Jawaban :
Ya. Dalam hal ciri fisik tokoh utama, serta lokasi/tempat cerita.
2. Bagian mana saja yang berbeda dengan gambaran teman-temanmu?
Jawaban :
............ (alternatif jawaban berbeda-beda, disesuaikan dengan jawaban siswa)
3. Apakah yang terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?
Jawaban :
Cerita jadi tidak menarik, jadi hambar, karena tokoh utama memegang peran penting dalam cerita..
4. Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?
Jawaban :
Tokoh utama membuat suatu cerita lebih hidup dan menarik, seolah-olah terjadi di alam nyata. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.
Demikian Artikel Tentang Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 9 kurikulum 2013 revisi 2018 halaman 10,11, dan 12 ini dapat mengasihkan manfaat bagi pembaca dimanapun berada.
Comments
Post a Comment