K13 revisi: Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171


 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran  K13 revisi:  Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171


Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171 - Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran 5 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru. Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 SD Tema 9 Halaman 164 dan 65 tentang Mengamati Iklan Internet Batik Jumputan Hasil Budaya Bangsa.

Kunci Jawaban Soal Tematik Tema 9 Kelas 5 Semester 2 Halaman 167 tentang Laporan Cara Membuat Batik Jumputan. Jawaban Soal Tema 9 Kelas 5 Halaman 170 tentang Membuat Rancangan Kain Batik Jumputan.

Kunci Jawaban Soal Halaman 171 Buku Buku Paket Tematik Siswa Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar tentang Membuat Larutan untuk Mencelup Kain dalam Proses Membuat Batik Jumputan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 ini juga dilengkapi dengan Materi Pelajaran yang ada pada buku paket Tema 9 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar. Berikut ini Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 yang sudah disusun berdasarkan nomor halaman.

Baca juga :

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171

Siang itu Edo pulang sekolah. Edo memasuki rumah dengan tak lupa mengucapkan salam. Terdengar dari dalam Ibu menjawab salam Edo.

Ternyata Ibu sedang duduk santai membaca majalah sambil mendengarkan radio. Acara favorit ibu adalah menanyakan lagu-lagu nostalgia (kenangan). Sesekali terdengar jeda iklan setelah pemutaran sebuah lagu.

Ayo Membaca

Iklan di radio merupakan salah satu iklan dalam media elektronik. Media elektronik merupakan media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa digunakan jika ada jasa transmisi siaran.

Untuk lebih mengenal unsur-unsur dan ciri-ciri bahasa iklan pada media elektronik, ayo kita simak penjelasan berikut.

Setiap media elektronik memiliki karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet. Berikut unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.

1. Unsur-unsur iklan televisi, yaitu :

Suara
Suara dalam iklan televisi dapat berupa suara manusia, suara hewan / tumbuhan, musik, atau sekadar efek suara.

Gambar
Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.

Gerak
Gambar bergerak untuk lebih menarik perhatian masyarakat.

Tulisan
Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.

2. Unsur-unsur iklan radio, yaitu :
Iklan radio hanya terdiri dari satu unsur saja yaitu suara. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).

3. Unsur-unsur iklan internet, yaitu :

Suara
Iklan di internet dapat berupa video yang memiliki unsur suara.

Gambar
Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan, atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.

Tulisan
Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.

Gerak
Baik gambar maupun tulisan dalam iklan di internet, semuanya bergerak. Gambar gerak dalam iklan di internet dapat berupa video atau animasi.

Ciri-ciri bahasa iklan elektronik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu :
  • komunikatif
  • informatif,
  • mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
  • menarik perhatian, dan
  • mengajak penonton untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164 & 165


Ayo Berlatih

Amatilah salah satu iklan di internet berikut ini.

 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran  K13 revisi:  Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171

Setelah kamu mengamati iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
Jawaban :
Barang yang di tawarkan dalam iklan tersebut adalah batik jumputan.

2. Informasi apa saja yang dapat kamu peroleh dari iklan tersebut?
Jawaban :
Informasi yang terdapat pada iklan tersebut adalah nama produk, gambar produk dan kalimat iklan.

3. Sebutkan unsur-unsur yang ada dalam iklan tersebut.
Jawaban :
Unsur-unsur dalam iklan tersebut adalah gambar produk yang ditawarkan dan tulisan yang singkat dan mudah terlihat sebagai penjelasan dari produk.

4. Jelaskan ciri-ciri bahasa dalam iklan tersebut.
Jawaban :
Ciri-ciri bahasa dalam iklan tersebut adalah :
  • komunikatif
  • informatif,
  • mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
  • menarik perhatian, dan
  • mengajak penonton untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Iklan tersebut berisi penawaran kain batik jumputan. Apakah yang dimaksud batik jumputan? Ayo simak penjelasan berikut.

Ayo Membaca

Mengenal Batik Jumputan

Salah satu karya seni rupa daerah adalah batik jumputan. Batik jumputan atau sering disebut juga dengan batik ikat celup adalah kain batik yang menggunakan motif hias jumputan.

 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran  K13 revisi:  Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171

Motif hias jumputan banyak dijumpai pada motif hias kain pelangi. Motif hias kain pelangi adalah kain yang dihiasi dengan motif hias jumputan.

Motif hias jumputan banyak digunakan pada benda pakai seperti selendang atau sampur, kain, taplak meja, dan lain-lain.

Kain dengan motif hias jumputan tidak hanya terdapat di Yogyakarta saja, tetapi juga banyak terdapat di daerah Palembang, Bali, dan Gresik.

Pernahkah kamu melihat batik jumputan selain pada gambar di atas? Bagaimana cara membuat batik jumputan?.

Coba bertanyalah kepada orang yang kamu anggap tahu cara membuat batik jumputan. Kamu juga bisa mencari referensi dari buku, majalah, atau sumber lainnya.

Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Halaman 167


Tuliskan pada kolom berikut cara membuat batik jumputan.
Jawaban :


Cara membuat batik jumputan :
  1. Masak air sesuai aturan pada pewarna kain. Setelah panas, masukkan zat pewarna dan aduk sampai rata.
  2. Tutup kelereng dengan kain yang akan diberi motif, kemudian ikat dengan tali rafia. Susun kelereng sesuai dengan keinginan kamu sehingga membentuk pola bagian motif hias jumputan yang akan dibuat.
  3. Basahi kain yang telah diberi hiasan ke dalam air dingin. Setelah itu masukkan kain ke dalam air yang telah diberi zat pewarna.
  4. Aduk-aduk kain agar zat pewarna meresap lebih kurang 40 menit
  5. Matikan kompor, diamkan kain sampai dingin. Setelah dingin, angkat dan cuci kain sampai air pencuci bening.
  6. Lepas ikatan kelereng dan jemur kain di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Ayo Berlatih

Ayo berlatih membuat batik jumputan dengan memperhatikan langkah- langkahnya.

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kain batik jumputan adalah sebagai berikut.
  • Kain mori,
  • tali rafia,
  • gunting,
  • kelereng/batu kecil/bola pingpong/dadu,
  • pewarna kain,
  • panci,
  • kompor, dan
  • air.

Langkah-langkah pembuatan :
  1. Masak air sesuai aturan pada pewarna kain. Setelah panas, masukkan zat pewarna dan aduk sampai rata.
  2. Tutup kelereng dengan kain yang akan diberi motif, kemudian ikat dengan tali rafia. Susun kelereng sesuai dengan keinginan kamu sehingga membentuk pola bagian motif hias jumputan yang akan dibuat.
  3. Basahi kain yang telah diberi hiasan ke dalam air dingin. Setelah itu masukkan kain ke dalam air yang telah diberi zat pewarna.
  4. Aduk-aduk kain agar zat pewarna meresap lebih kurang 40 menit
  5. Matikan kompor, diamkan kain sampai dingin. Setelah dingin, angkat dan cuci kain sampai air pencuci bening.
  6. Lepas ikatan kelereng dan jemur kain di tempat yang tidak terkena sinar matahari.
Menyiapkan Alat dan Bahan
 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran  K13 revisi:  Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171

Mengikat Kain dengan Berbagai Alternatif
 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran  K13 revisi:  Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171
Ikatan dengan isi karet gelang
 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran  K13 revisi:  Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171
Ikatan Ganda Berselang dengan Isi Bilah Bambu
 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran  K13 revisi:  Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171
Ikatan dengan Isi Uang Logam
 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran  K13 revisi:  Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171
Ikatan Ganda Berselang Tanpa Isi

Cara mencelupkan ikatan, sehingga saat dilepas ikatannya membentuk kain- kain seperti gambar di atas.

 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran  K13 revisi:  Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 170


Ayo Berkreasi

Buatlah rancangan kain batik jumputan sesuai keinginanmu. Buatlah kreasi rancangan sebagus mungkin.

Rancangan yang kamu buat untuk selanjutnya dapat dibuat menjadi karya batik jumputan. Perhatikan langkah-langkah seperti di atas.

Kamu dapat juga mengkreasikan sendiri. Kumpulkan hasil karyamu kepada Bapak atau Ibu Guru.
Jawaban :
Rancangan Batik Jumputan dengan Teknik Ikat Celup

 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembeajaran  K13 revisi:  Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171

Saat Edo pulang sekolah, cuaca sangat panas. Ia ingin segera meminum segelas es teh. Setelah berganti pakaian, ia bergegas ke dapur.

Ibu masih asyik membaca majalah sambil mendengarkan lagu-lagu kenangan favoritnya. Edo segera mengambil gelas.

Dimasukkannya sesendok gula pasir, lalu sekantung teh celup, dan terakhir ditambahkan air panas. Edo mengaduknya hingga gula terlarut, dan terbentuklah teh manis yang hangat.

Agar tehnya menjadi dingin, Edo menambahkan enam butir es batu berbentuk dadu yang diambilnya dari lemari es.

Tiba-tiba Ibu mendekati Edo dan berkata, ”Jangan terlalu banyak minum es Edo, apalagi suasana panas seperti ini, nanti kamu sakit.”

Edo hanya tersenyum dan kemudian mengambil butiran es dari gelas dan membuangnya. Jadilah teh dingin yang manis tanpa es.

Seperti yang kamu ketahui bahwa segelas teh manis yang dibuat oleh Edo merupakan campuran homogen atau disebut larutan.

Ketika ditambahkan butiran es, campuran tersebut menjadi campuran heterogen karena dapat dipisahkan dengan tangan. Butiran es dapat dipisahkan dari air teh hanya dengan diambil menggunakan tangan oleh Edo.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 171


Ayo Mencoba

Buatlah larutan untuk mencelup kain dalam proses membuat batik jumputan. Untuk bahan membuat larutan, kamu dapat menggunakan seperti uraian sebelumnya.

Namun, kamu juga dapat membuat larutan sendiri berdasarkan referensi yang kalian ketahui atau hasil dari bertanya kepada orang yang lebih tahu.

Buatlah laporan hasil percobaan kalian. Laporan berisi hal-hal berikut.

1. Bahan untuk membuat larutan.
Jawaban :
  • Wenter / Wantex / Pewarna Lainnya
  • 2 Liter air
  • 2 sendok Garam
  • Cuka secukupnya

2. Uraikan termasuk zat tunggal atau zat campuran bahan yang kamu gunakan untuk membuat larutan.
Jawaban :
Bahan yang termasuk zat tunggal adalah air, garam dan cuka.
Pewarna termasuk kedalam zat campuran.

3. Uraikan juga termasuk unsur atau senyawa bahan yang kamu gunakan untuk membuat larutan.
Jawaban :
Bahan yang termasuk senyawa adalah air, cuka dan garam.

4. Cara membuat larutan untuk membuat batik jumputan.
Jawaban :
  • Menyiapkan alat serta bahan yang digunakan untuk membuat larutan
  • Memasak air sesuai dengan takaran yang dibutuhkan
  • Masukkan zat pewarna pada air yang sudah panas satu persatu
  • Aduk hingga rata dengan pengaduk (sendok/kayu)
  • Dan jika pencelupan dilakukan lebih dari satu warna, maka pembuatan larutan harus terpisah
  • Untuk satu warna gunakan satu wadah
  • Wantek / pewarna juga dimasak hingga mendidih, kemudian didinginkan dan masukkan ke dalam wadah / botol yang mencukupi, kemudian tutup botolnya hingga waktu digunakan
  • Demikian juga untuk pewarna lainnya, lakukan hal yang sama.
  • Larutan siap digunakan

Sekian Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 164, 165, 167, 170, 171 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Semoga Kunci Jawaban Tematik Tema 9 ini dapat mengasihkan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Comments

Popular posts from this blog

K13 revisi: Contoh Soal Ujian Sekolah IPS Kelas 6 SD Tahun 2019/2020

K13 revisi: Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65

K13 revisi: Contoh Soal Ujian Sekolah PAI Kelas 6 SD Tahun 2019/2020